WOW! ini dia sejarah toilet Jepang sampai bisa terkenal di dunia.

1. Toilet tradisional (kloset jongkok)

Pada umumnya toilet di Asia klosetnya jongkok (di Indonesia juga sama kan? *pegel guys). Eittss tunggu dulu guys walaupun sama jongkok ternyata kloset Jepang dan kloset Indonesia punya perbedaan. Apa hayoo?? yaitu posisi jongkoknya guys, kalo di Indonesia kita biasa jongkok di atas lubang klosetnya sedangkan di Jepang kebalik loh guys mereka jongkok bukan di atas lubang klosetnya melainkan di depannya  (serius?? duarius gan). Ayo kita lihat perbedaanya dengan lihat gambar klosetnya dulu dibawah sini.

(image: wikipedia.org)
Nah udah pada liat kan dari lubangnya aja udah beda, kalo yang versi Jepang ada di depan kita sedangkan kalo yang biasa kita pake yah di bawah kita (yang lagi makan maaf yah menganggu *gomen anggap aja challenge haha). Masih ada yang aneh? atau masih banyak yang bingung cara pakeknya? oke mungkin gambar ini bisa sangat membantu anda untuk yang masih bingung, untuk yang sudah tau selamat guys (selamat doang, gak dapet apa-apa ;p *teehee)

(image: wikipedia.org)
Lalu sebelum toilet ini dibuat pada buang air dimana yah guys? dan jaman dulu kan belum ada tisu gimana ngelapnya? ternyata guys sebelum ada toilet orang buang air dengan cara berjongkok di atas selokan selebar kira-kira 10–15 cm (kok tau? liat di wikipedia yah guys bukan penulis ngukur sendiri hihi). Potongan kayu yang disebut chu-gi dipakai seperti halnya kertas toilet. Pada masa-masa sebelumnya, rumput laut juga dipakai untuk mengelap setelah buang air (rumput laut biasanya buat perawatan wajah atau makanan lah ini dipakai ngelap, busett!! *beda yah guys) dan ada lagi pengganti tisu toilet ya itu pakai washi / wagami (lengkapnya lihat disini). Setelah pada buang air di selokan terus langsung bikin toilet gini, gitu? belum guys ada tahapnya dulu santai, gak langsung keramik tapi dari kayu dulu. Biar lebih jelas kita lihat gambar di bawah guys.


(image: wikipedia.org)
Kloset jongkok dari kayu ini guys bukan berarti semua orang pada pake di jamannya, kloset ini cuman dipakai oleh orang Jepang kalangan atas dan pada jaman dulu kloset ini sudah mewah loh guys. Meskipun kloset jongkok ini bikin pegel yah guys ternyata banyak juga keuntungannya yaitu mudah dibersihkan, lebih murah, dan menggunakan lebih sedikit air dalam sekali bilasan dibandingkan dengan kloset model Barat. Tidak adanya kontak dengan dudukan kloset membuat kloset jongkok lebih disukai sebagai orang karena dianggap lebih higienis. Walaupun demikian, dudukan kloset tidak mengundang risiko kesehatan yang serius, sementara pemakai kloset jongkok risiko terkena kotoran sendiri di bagian kaki *iieuuwh. Lubang kloset jongkok di Jepang tidak diisi air sehingga memperkecil risiko terciprat air kotor.

Selain itu menurut penelitian, kloset jongkok memberi sejumlah keuntungan bagi kesehatan. Posisi jongkok menurut penelitan tersebut memperkuat otot-otot pelvis wanita, dan mengurangi kemungkinan inkontinensia. Selain itu, kloset jongkok memperkuat otot-otot pinggul, memperbaiki pernapasan dan konsentrasi. Posisi jongkok juga memungkinkan kotoran untuk lebih cepat dikeluarkan dan tidak tersisa yang merupakan faktor risiko utama kanker usus besar. Penelitian lain membuktikan berjongkok mencegah dan mengobati wasir (tuh kan banyak juga yah guys manfaatnya). 



2. Toilet Gaya Barat (kloset duduk) 

Kloset duduk yang sering kita pakai sekarang berasal dari negara-negara barat guys dan jepang juga sama beralih ke kloset duduk gaya barat ini atau mereka menyebutnya yoshiki (洋式). bukan hanya di mall-mall atau tempat umum lainnya di rumah-rumah jepang juga sudah memakai kloset duduk walaupun masih ada juga kloset jongkok tapi kloset duduk ini lebih disukai oleh orang jepang untuk di rumah mengingat banyak sekali jumlah manula di jepang guys. Ini foto kloset duduk tapi belum yang multifungsi yah guys (GAK PENTING SUMPAH!!! SEMUA JG UDAH TAU KELESS!! maafkan hamba *bow) btw ini foto kloset di apato penulis.

(foto: fikuridesu)

3. Toilet Multifungsi (kloset modern)

(foto: fikuridesu)

Ini dia yang ditunggu, yang bikin toilet jepang terkenal di dunia dengan toilet yang multi fungsi dengan banyak fitur. Kloset modern ini menggunakan teknologi paling mutakhir di dunia. Nama lain dari kloset ini yaitu washlet dan orang jepang menyebutnya wosshuretto (ウォシュレット). Salah satu kloset modern adalah Washlet Zoe produk dari Toto yang dimasukkan ke dalam Guinness World Records sebagai toilet dengan tujuh fungsi yang paling canggih di dunia (wow! sugeee~). Tapi untuk produk pada tahun 1997 yah guys sekarang katanya sudah kuno karena ada model terbaru yang lebih mutakhir yaitu model Neorest. Sebenarnya inspirasi membuat washlet bukan berasal dari Jepang loh melainkan dari luar Jepang sejak tahun 1964, soalnya era kloset teknologi tinggi di Jepang baru dimulai pada tahun 1980 dengan diperkenalkannya Washlet G series oleh Toto. Nah berawal dari situlah semua kloset teknologi tinggi di Jepang disebut washlet. Konon hingga tahun 2002, hampir setengah dari rumah-rumah di Jepang memiliki washlet loh, dan jumlah rumah yang memiliki washlet justru lebih banyak daripada rumah yang memiliki komputer pribadi / PC (waduh! nah loh!). Pada tahun 2016 sekarang hampir semua rumah atau apato menggunakan washlet ini loh. Terus bedanya apa dong sama kloset duduk biasa? kok terlihat biasa aja? Emang sih terlihat seperti toilet duduk biasa tapi di dalamnya terdapat fitur-fitur seperti hembusan angin hangat, dudukan kloset yang hangat ketika suhu udara dingin (trust me guys! ini sangat membantu, kalian pernah ngerasain lagi dingin-dingin mau pup terus pas duduk, eh dudukannya dingin banget kena pantat sama paha? nah kalian harus cobain washlet ini. Dijamin nagih! suerr!). pengatur tekanan dan volume semprotan air sewaktu membasuh (ga perlu cebok lg deh guys hihi udah otomatis *tinggal pake sabun kalo mau), tutup kloset yang membuka dan menutup secara otomatis (yang ini agak horror guys saking modernnya kaget banget nih kloset bisa gerak-gerak sendiri), penyiram kloset otomatis (jadi flushnya kadang kita berdiri langsung ngeflush sendiri/ ada sensor dipinggir yang tinggal di tutup tangan langsung ngeflush deh), sistem penyerap bau (nah ini kebanyakan toilet umum di Indoesia *tutup hidung) dan yang terakhir panel kontrol nirkabel yang berada di samping dudukan kloset atau dipasang di dinding yang berdekatan. Udah itu aja? dan ternyata ada fitur yang baru lagi loh (software aja ada updatenya kloset jg ga mau kalah loh hihi) yaitu fitur suara, jadi kalo kita mau pipis atau pup itu keluar suara untuk menutupi suara pipis atau pup kita guys jadi ga malu sama yang di sebelah. Terus biasanya nih guys disekitar kloset ini tuh ada juga tempat untuk ganti popok bayi, tempat cuci tangan dengan air hangat dan wastafel (biasa sih cuman ada pegangannya gitu, untuk kaum disabel atau manula) bisa dilihat di foto di atas yah guys.


Komentar